puluhan hektare lahan masyarakat desa dompas terbakar

BUKIT BATU-Puluhan hektare lahan perkebunan masyarakat di Desa Dompas, Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis, sejak Rabu (13/3) sore terbakar. Upaya pemadaman terus dilakukan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran bersama Satuan Polisi Pamong Praja Bukit Batu dan masyarakat Dompas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-Damkar) Bengkalis, Jaafar Arief, Kamis (14/3) membenarkan kebakaran lahan tersebut. Menurutnya, lahan yang terbakar terus meluas karena kebakaran di lahan gambut yang memang mudah terbakar dan sulit memadamkannya.

“Diperkirakan, lahan perkebunan masyarakat yang sudah ditanamai sawit dan karet tersebut habis terbakar. Kita terus berupaya melakukan pencegahan agar api tidak menjalar ke lokasi lain,” papar Jaafar.

Tim di lokasi kebakaran mengalami kesulitan melakukan pemadaman, karena lokasinya yang sangat jauh dan sumber mata air juga sulit diperoleh. Selain itu, peralatan pemadaman sangat sulit untuk bisa mencapai lokasi kebakaran. “Saya sudah turun ke lapangan. Tim yang bekerja kesulitan mendapatkan sumber air, sehingga pemadaman sulit dilakukan. Selain itu, peralatan berupa pompa air sulit dibawa ke lokasi,” katanya.

Untuk itu, menurut Jaafar, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perkebunan dan Kehutanan Bengkalis agar bisa minta bantuan PT. Surya Dumai Agro. Sebab lahan PT. SDA sendiri berbatasan dengan lokasi kebakaran. Dengan begitu, diharapkan PT. SDA bersedia membantu memadamkan api agar tidak meluas ke lokasi lainnya.

“Lokasi yang terbakar berbatasan langsung dengan lahan perkebunan PT. SDA. Untuk itu, melalui Dinas Kehutanan kita berharap bisa meminta bantuan perusahaan tersebut untuk membantu memadamkan api,” ujar Jaafar.

Bila kebakaran terus meluas, pihaknya akan meminta bantuan provinsi untuk membantu menurunkan tim ke lokasi kebakaran. Mengingat musim kemarau dan lokasi yang terbakar gambut, sehingga api dengan cepat membakar lokasi lainnya.

“Lokasi kebakaran sulit dijangkau, apalagi peralatan dan cuaca yang ekstrim menjadi kendala utama pemadaman api. Belum lagi kondisi lahan yang terbakar adalah lahan gambut tebal. Makanya, kita akan berusaha juga minta bantuan Pemprov Riau. Masyarakat kita mohon agar tidak melakukan pembakaran lahan saat seperti sekarang,” tukasnya. (dal)

Posted on April 28, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: